Liputan6.com, Jakarta – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tengah menyiapkan mobil hybrid untuk pasar Indonesia. Model dengan kombinasi mesin bensin dan baterai ini, kabarnya akan memiliki harga yang terjangkau.
Dijelaskan Direktur Marketing & Komunikasi Korporat PT ADM, Sri Agung handayani, Daihatsu selama ini memang fokus untuk menghadirkan model untuk konsumen first car buyer atau pembeli mobil pertama. Namun, jenama asal Jepang ini memang belum memberikan informasi detail terkait peluncuran mobil hybridnya tersebut.
Sementara itu, wanita ramah ini juga menjelaskan, saat ini untuk mobil di kelas yang cukup diminati masyarakat Indonesia, yaitu Rp 200 juta hingga Rp 300 juta, masih didominasi oleh mesin pembakaran internal (ICE) dengan pangsa pasar sekitar 51 persen.
Sedangkan untuk komposisi kendaraan listriknya, masih sangat kecils ekitar 4 persen baik untuk mobil hybrid dan mobil listrik berbasis baterai (BEV).
“Jadi, kurang lebih market ini amsih didominasi oleh ICE market di segmen tersebut,” tegasnya.
Sebelumnya, di ajang GIIAS sebelumnya, Daihatsu sempat memamerkan beberapa model berteknologi hybrid seperti Rocky e-Smart Hybrid, Rocky Hybrid, serta kendaraan konsep me:MO yang semuanya telah lebih dahulu dirilis di pasar Jepang.
Menurut Agung, strategi elektrifikasi Daihatsu akan tetap fokus pada segmen first buyer, yakni konsumen pemula yang selama ini menyumbang volume penjualan terbesar melalui model-model LCGC seperti Ayla dan Sigra.
Liputan6.com, Jakarta
Recent Comments